Sharing Inspiratif CT ARSA Foundation Hadirkan Sutopo Purwo Nugroho dan Kak Seto



Indonesia merupakan negara yang rawan bencana. Secara Geografis, Indonesia merupakan negara kepulauan yang terletak pada pertemuan empat lempeng tektonik yaitu lempeng benua Asia, lempeng benua Australia, lempeng samudra Hindia, dan lempeng samudra Pasifik.
Berkaitan dengan hal tersebut, pada Jumat, 1 Februari 2019 CT ARSA Foundation menggelar acara Sharing Inspiratif yang bertujuan untuk mengenal, menghadapi, dan mengetahui bagaimana cara penanggulangan bencana alam yang benar.

Mendukung tema tersebut, CT ARSA Foundation menghadirkan Sutopo Purwo Nugroho selaku Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga Seto Mulyadi dan Henny selaku psikolog anak sebagai pembicara. Dibuka oleh Anita Tanjung sebagai Ketua CT ARSA Foundation, beliau berharap agar sharing hari ini dapat
bermanfaat dan menambah pengetahuan peserta yang hadir.

Sesi pertama dimulai oleh Sutopo dengan tema “Indonesia Rawan Bencana dan Tantangan Penanggulangannya”. Beliau menghimbau masyarakat Indonesia untuk lebih memiliki budaya sadar bencana. “Kita ini sebagai warga yang tinggal di daerah rawan bencana harus rutin melakukan latihan menghadapi gempa, khususnya yang bekerja di gedung-gedung tinggi. Harus punya budaya sadar bencana. Setidaknya lakukan 1 tahun sekali.”, ujar Sutopo pada pemaparannya.

Sementara itu, mengambil sisi pendampingan psikososial bagi masyarakat di pengungsian, Kak Seto membahas mengenai psikologi perkembangan anak, psikologi klinis, dan bagaimana teknik pengajaran yang baik untuk anak-anak. Pada sesi nya, Kak Seto mengajak peserta untuk lebih banyak bergerak, bernyanyi, dan menumbuhkan kreatifitas, karena hal-hal tersebut adalah kemampuan yang harus dimiliki para relawan saat melakukan pendampingan psikososial di lokasi bencana.
“Harus ada skill-skill yang mesti dilatih sebagai relawan. Harus kreatif dan bisa menyenangkan anak-anak.”, jelas Kak Seto.

Sharing Inspiratif ini dibuat khusus untuk rekan maupun mitra CT ARSA Foundation, seperti Guru-guru PAUD Binaan, Komunitas ARSA, Alumni dan Kepala Sekolah SMA Unggulan CT Foundation dan para relawan lainnya.

Lihat foto lainnya pada instagram @ctarsafoundation 


SHARE ON SOCIAL MEDIA :

Related News