SAFE#1 Komunitas ARSA Garut




Desa Banjarwangi, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut menjadi pilihan Komunitas ARSA GARUT dan beberapa relawan untuk berbagi kebahagiaan bersama adik-adik dalam kegiatan Sharing and Fun Educating (SAFE) nya yang pertama. Lagu ‘selamat datang kakak’ yang dinyanyikan adik-adik, diiringi musik marawis menyambut kedatangan tim dan relawan Komunitas ARSA Garut pada Sabtu, 12 November 2017 lalu. 
Kegiatan ini diawali dengan penyampaian maksud dan tujuan kedatangan Komunitas ARSA GARUT ke Desa tersebut dan dilanjutkan dengan sesi perkenalan. Adik-adik Desa Banjarwangi mulai menunjukan antusias dan semangatnya saat mempraktikan cara menyikat gigi yang baik, setelah sebelumnya menyimak penyuluhan dari salah satu relawan. Penyuluhan ini bertujuan agar adik-adik mendapatkan ilmu juga wawasan tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Pada saat sesi mendongeng, adik-adik pun sangat serius mendengarkan, bahkan ada satu dari mereka yang berani maju ke depan untuk mendongeng dengan versinya sendiri. Dengan ini, diharapkan kreatifitas dan imajinasi adik-adik dapat berkembang. Senyum terukir diwajah mereka ketika tim Komunitas ARSA Garut dan relawan membagikan susu kotak sembari menyampaikan penyuluhan tentang pentingnya minum susu. Adik-adik sangat senang sampai tidak ingin langsung meminum susunya dengan alasan untuk nanti diminum dirumah. Meskipun jarak rumah mereka dengan lokasi kegiatan cukup jauh ditambah harus melalui medan yang licin dan berliku, semangat mereka tidak runtuh. Mereka sangat disiplin terhadap waktu dan juga patuh terhadap instruksi tim dan relawan. 
Jika sebelumnya adik-adik mendengarkan beberapa materi menyuluhan, hari berikutnya diisi dengan kegiatan lomba dan yang bertujuan untuk melatih sportifitas dan kekompakan satu sama lain. Mulai dari estafet karet, memecahkan balon, hingga lomba makan kerupuk, adik-adik tidak henti menunjukan semangatnya untuk memenangkan perlombaan.

Ibu-ibu serta masyarakat sekitar pun antusias bersorak sorai mendukung anak-anaknya. Beberapa dari mereka menyampaikan kalau adik-adik Desa Banjarwangi sangat jarang melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti ini. Mereka berterima kasih kepada Komunitas ARSA Garut dan relawan yang sudah berbagi kebahagiaan dengan mengukir cerita di daerah tempat tinggal mereka. 

Sharing and Fun Educating (SAFE) #1 Komunitas ARSA Garut ditutup dengan adik-adik yang menuliskan cita-cita mereka pada kertas yang telah diberikan untuk selanjutnya ditempel dirumah masing-masing. 


SHARE ON SOCIAL MEDIA :

Related News

Mobil Pintar Mengunjungi Desa Cimacan, Garut, Jawa Barat

August 03, 2018
Untuk memulihkan psikologis warga, terutama anak-anak di desa Cimacan Garut yang mengalami kerusakan terparah akibat…

READ MORE