Daerah Tertinggal Indonesia



A. Amfoang, Lelogama, NTT

Di desa Lelogama, Amfoang Selatan, Nusa Tenggara Timur masih banyak terdapat rumah bulat atau Lopo. Rumah berbentuk kerucut dengan atap terbuat dari daun lontar kering ini merupakan tempat yang aman untuk berlindung dari serangan angin dingin ketika malam menerjang.
Kegiatan seperti memasak makan bahkan tidurpun dilakukan dalam satu ruangan kecil ini. Selain digunakan sebagai hunian, rumah bulat pun digunakan sebagai tempat pengawetan bahan makanan. Rumah yang masih beralas tanah ini menambah kondisi ruuangan yang gelap, penuh debu dan asap yang mengancam kesehatan penghuninya. Tak heran kasus infeksi saluran pernafasan atau ISPA mengancam penduduk di wilayah Amfoang ini. Selain ISPA, diare kerap terjadi terhadap anak-anak.

Kondisi sekolah di desa Lelogama tidak memadai untuk proses belajar karena masih menggunakan bangunan yang tidak layak dan beralaskan tanah. Banyak anak-anak sekolah yang tidak memiliki fasilitas belajar seperti sepatu, tas, seragam sekolah, dan buku. Fasilitas air bersih sulit didapat, masyarakat hanya mengandalkan air sungai yang jaraknya cukup jauh dari pemukiman. Banyak masyarakat yang langsung meminum air sungai tanpa dimasak sehingga berakibat pada kesehatan ginjal mereka.

Melihat keadaan yang tidak layak, CT ARSA Foundation tergerak untuk mengulurkan tangan dan memberikan bantuan dengan membangun Sekolah
Dasar Negeri 02 Lelogama, memberikan fasilitas penyaring air bersih, fasilitas pendidikan, dan memberikan edukasi terkait kesehatan gigi dan mulut.


B. Toraja

Pemerintah melalui Bupati Nicodemus menyambut hangat program CT ARSA Foundation yang memberikan bantuan atau program dengan penuh ketulusan dan keikhlasan dalam membuka peluang bagi anak-anak kelas jauh Taleppon untuk menjadi anak bangsa yang berprestasi di Toraja.

C. Sumba

Ketua CT ARSA FOUNDATION mengunjungi Sumba dan melakukan pembangunan sekolah dan pembagian fasilitas sekolah seperti sepatu, tas, dan
alat tulis.

D. Wamena

Ketua CT ARSA FOUNDATION mengunjungi “Paud Suara Hati Ibu” yang kondisinya sangat memprihatinkan. Paud ini dikelola seorang wanita tangguh
bernama Maria yang tak kenal menyerah memberdayakan wanita di sekitarnya dan menyelenggarakan pendidikan usia dini, meski banyak tantangan dan
Ancaman.

E. Merauke

CT ARSA Foundation mengunjungi Merauke, salah satu wilayah di Indonesia Timur yang belum memiliki kualitas pendidikan yang memadai. 
Oleh karena itu,CT ARSA Foundation hadir untuk memberikan bantuan melalui bidang Pendidikan.

F. Asmat

Melengkapi kunjungan di wilayah Indonesia Timur, CT ARSA Foundation pun turut membantu anak-anak suku Asmat dalam bidang pendidikan.



SHARE ON SOCIAL MEDIA :

Related News

CT ARSA Peduli Korban Gempa dan Tsunami Palu, Sigi dan Donggala

November 22, 2018
Pada Jumat 28 September 2018 lalu, gempa berkekuatan 7,4 SR yang diikuti tsunami menimpa kota…

READ MORE

CT ARSA Salurkan Bantuan Korban Gempa Lombok

November 22, 2018
Pasca gempa 7SR yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Agustus 2018 lalu, CT ARSA…

READ MORE

Food and Nutrition Muara Gembong

August 03, 2018
CT ARSA Foundation  mengunjungi  Muara Gembong  untuk  memberikan  edukasi  kesehatan gigi dan mulut, pemenuhan gizi…

READ MORE

Lopo, Rumah Tradisional NTT yang Memprihatinkan

November 29, 2016
Sempit dan pengap itulah kesan pertama saat memasuki rumah bulat milik pasangan Obet dan Martha…

READ MORE