Mobil Sehat CT ARSA Foundation kembali mengadakan kegiatan sosial pemeriksaan gigi gratis di Pondok Pesantren Ulumul Quran putra, Sawangan, Depok.

Selain pemeriksaan gigi gratis, kali ini CT ARSA Foundation bekerja sama dengan Yayasan Islam Putra Tanjung juga menggelar pemeriksaan kesehatan, yang meliputi pemeriksaan kesehatan dan sanitasi lingkungan dari para santri.

Santri yang umumnya usia sekolah menengah pertama ini sangat antusias menyambut acara yang diadakan oleh CT ARSA Foundation dan Yayasan Islam Putra Tanjung ini. Sebagian dari mereka menerima tindakan penambalan dan pencabutan gigi, terutama gigi geraham.

Masalah lain yang dihadapi oleh para santri di pesantren adalah, masalah sanitasi lingkungan yang kurang bersih dan higienis. Hal ini menyebabkan santri banyak yang terjangkit tinea corporis.

Tinea corporis adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur yang hidup pada permukaan kulit, penularannya dapat terjadi karena beragam cara, seperti bersentuhan dengan kulit pasien yang terinfeksi kurap ataupun binatang peliharan, menyentuh permukaan benda yang telah digunakan penderita seperti pakaian, handuk, tempat tidur, sprei, dan sisir. Juga pada kasus yang jarang terjadi penularan dapat terjadi dengan menyentuh tanah yang benar-benar terinfeksi oleh penyakit ini.

Jamur ini disebut  dermatophytes, jenis jamur ini bertahan hidup dalam lapisan kulit luar atau glabrous skin, seperti di daerah muka, leher, badan, lengan, dan gluteal.

Tinea corporis memang bukan penyakit kulit serius dan mudah diobati, namun kondisi ini mudah sekali menyebar dan menular.

Untuk mengobati tinea corporis, biasanya penderita disarankan untuk menggunakan krim, gel, atau obat semprot anti jamur yang dijual secara bebas. Berkonsultasilah dengan dokter untuk menentukan dosis dan  cara pemakaian, serta merek yang cocok bagi anda.

(27/09/16)