Anda sering sakit gigi? Ataukah gigi anda ada yang berlubang? Sebagai bagian tubuh yang memiliki peranan penting, yaitu sebagai alat komunikasi dan juga konsumsi baik makanan maupun minuman, kebersihan mulut harus kita perhatikan sedini mungkin.

Mobil Sehat CT ARSA Foundation bekerja sama dengan Lion Club Jakarta Selatan mengadakan bakti sosial pemeriksaan gigi gratis, di SDN 18 Pagi Duren Sawit. Salah satu kegiatan rutin yang dilakukan oleh Mobil Sehat CT ARSA Foundation ini bertujuan untuk menjaga pentingnya merawat kebersihan dan kesehatan mulut dan gigi.

Acara yang diikuti oleh sekitar 120 anak yang terdiri dari siswa kelas 4 dan 5 ini mendapat antusiasme yang luar biasa, para siswa mendapat pengetahuan mengenai kesehatan mulut dan  gigi dari  dokter gigi dan tentunya pemeriksaan gigi gratis. 

Tindakan yang dilakukan oleh dokter adalah, pencabutan terhadap gigi susu, karena gigi susu merupakan gigi sementara yang akan mengalami pergantian dengan gigi permanen atau gigi dewasa.

Ketika anak berusia antara 6 hingga 7 tahun gigi seri dewasanya mulai tumbuh secara bertahap dan umumnya berakhir ketika gigi geraham dewasa tumbuh di antara usia 12 hingga 13 tahun, walaupun ada juga yang tidak mengalami tumbuhnya geraham paling belakang walaupun usianya sudah dewasa.

Peralihan antara gigi susu dan gigi dewasa mau tidak mau harus melalui proses tanggalnya gigi susu, karena harus ada ruang bagi gigi dewasa. Dalam proses ini, setiap anak terpaksa harus mengalami peristiwa “cabut gigi”.

Tidak semua anak senang menghadapi peristiwa ‘penting’ ini. Terutama, bila ia harus mengalaminya di ruang dokter gigi dengan aneka peralatan yang menakutkan.

Tak heran beberapa siswa ada yang merasa senang dengan diadakannya kegiatan ini, namun tak sedikit yang ketakutan karena giginya akan di cabut atau ditambal.

(22/09/16)