Palu - Chairman sekaligus Founder CT Corp Chairul Tanjung (CT) bersama Ketua Yayasan CT ARSA Foundation Anita Ratnasari Tanjung dan Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusdy Mastura melakukan groundbreaking pembangunan rumah sakit (RS) CT ARSA Foundation di Kota Palu.

 

Tujuan pembangunan CT ARSA Foundation ini ialah untuk memuliakan kaum duafa. Sesuai dengan visi-misi dari CT ARSA Foundation untuk memutus mata rantai kemiskinan dengan pendidikan yang berkualitas dan kesehatan yang optimal untuk masyarakat yang tidak mampu.

 

CT ARSA Foundation sebelumnya membangun boarding school di Deli Serdang, Medan, dan Sukoarjo. Sekolah unggulan tersebut diperuntukkan buat anak-anak tidak mampu serta membangun sekolah-sekolah dan rumah ibadah di remote area (pelosok-pelosok Indonesia). Kini CT ARSA Foundation melebarkan gerakan sosialnya dengan mendirikan rumah sakit CT ARSA Foundation yang diperuntukkan buat memuliakan kaum duafa.

 

Groundbreaking RS CT ARSA Foundation berada di Jalan Suharso, Kelurahan Besusu Barat, Kecamatan Palu Timur, berlangsung pada Jumat (26/1). CT memilih Palu sebagai tempat pembangunan CT ARSA Foundation karena sudah lama menjalin kerja sama dengan Pemprov Sulteng.

 

"Kenapa Sulawesi Tengah dan Palu dipilih untuk pembangunan rumah sakit khususnya untuk orang kaum duafa dari CT ARSA Foundation. Kami sampaikan bahwa kami berpartner dengan Provinsi Sulawesi Tengah itu sudah lama," kata CT.

 

"Dari mulai kami menjadi partner di Bank Sulawesi Tengah, Bank Sulteng. Jadi sudah lama kami berpartner," tambahnya.

 

"Yang kedua pada waktu terjadinya tsunami dan gempa, kami juga sudah aktif melakukan pembangunan kembali khususnya sekolah-sekolah, rumah ibadah di Provinsi Sulawesi Tengah ini. Baik di Kota Palu dan beberapa kabupaten di Sulawesi Tengah," ujarnya.

 

Selain itu, kerja sama terjadi berkat respons baik dari Gubernur Sulteng Rusdy Mastura. Menurut CT, Rusdy memiliki tekad kuat untuk memajukan perekonomian dan memperbaiki kesejahteraan masyarakat Sulteng.

 

"Yang berikutnya tentu peran Pak Gubernur, respons beliau juga sangat cepat terutama bagaimana memajukan perekonomian di Sulawesi Tengah dan memperbaiki kesejahteraan masyarakat di Sulawesi Tengah. Sehingga kami merasa mendapatkan partner yang baik, respons yang luar biasa, tentu itu membuat, mendorong kami untuk salah satunya membuat rumah sakit khusus untuk kaum duafa di Sulawesi Tengah," jelasnya.

 

Sementara itu, Gubernur Sulteng Rusdy Mastura menyampaikan terima kasih kepada CT ARSA Foundation atas pembangunan RS khusus dhuafa di Sulteng. Ia menyebut pembangunan RS dhuafa merupakan wujud nyata kepedulian bagi warga miskin.

 

"Kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya. Rumah Sakit CT ARSA Foundation Palu bukan hanya sebagai fasilitas kesehatan tapi juga merupakan wujud nyata kepedulian kita terhadap mereka yang membutuhkan serta sebagai simbol kebahagiaan bagi saudara kita," kata Rusdy.

 

Ia berharap pembangunan rumah sakit tersebut bisa segera rampung. Hal itu agar kaum duafa di Sulteng dapat segera memperoleh pelayanan kesehatan.

 

"Harapannya agar rumah sakit ini dapat segera berdiri kokoh melayani masyarakat dengan sepenuh hati. Dengan adanya rumah sakit ini kita tidak hanya mendirikan bangunan fisik tapi juga menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan," ucapnya dan memuliakan kaum dhuafa. (Andra Lesmana)