Jakarta Barat - CTARSA Foundation menyelenggarakan acara ECO-FEST (ECO FESTIVAL) yang diadakan pada hari Jumat, 8 Desember 2023 di Rumah Inspirasi Kamal, Jakarta Barat. Acara ini merupakan acara penutup dari rangkaian perjalanan Program kolaborasi antara Divisi Literasi CTARSA dengan Insight Investments dan Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun (YIIM), yakni Petualangan ARSA.

Acara ECO-FEST ini dihadiri oleh 50 Petualang atau anak-anak daerah binaan Rumah Inspirasi Kamal, pihak-pihak sponsor (Insight dan YIIM), para stakeholder Rumah Inspirasi Kamal, dan 30 masyarakat umum di sekitar Rumah Inspirasi Kamal. 

Tujuan utama dari acara ECO-FEST ini adalah untuk memberikan apresiasi atas karya-karya dan proses belajar anak-anak daerah binaan karena telah menyelesaikan program EDUTRIP hingga acara Ruang Bertualang hari pertama dan hari kedua. Selain itu, acara ECO-FEST juga merupakan acara pamungkas dan penutup dari Program “Petualangan ARSA : Jago Literasi, Jaga Bumi”.

Kegiatan ECO-FEST ini berlangsung meriah karena diisi dengan sesi edukasi yang menghibur, di antaranya, pemutaran Video After Movie dari kegiatan Petualangan ARSA : Jago Literasi, Jaga Bumi” sejak program EDUTRIP hingga Ruang Bertualang hari kedua. Selain itu ada juga acara inti ECO-FEST, yakni pameran dan penampilan Tari Bibir Merah oleh anak daerah binaan.


Dalam kesempatan ini, Manajemen CTARSA Foundation juga menyerahkan secara simbolis sertifikat kepada Insight Investments dan YIIM. 


Untuk kegiatan Pameran sebagai kegiatan inti dari acara ECO-FEST, ditampilkan dengan beberapa bagian-bagian area pelengkap lainnya, yakni

1. Pojok Nostalgia: bagian ini berisi foto-foto perjalanan Petualangan ARSA sejak EDUTRIP hingga Ruang Bertualang hari kedua. Pada bagian ini, para pengunjung pameran dapat melihat foto-foto perjalanan yang di cetak dan ditempel di sebuah papan. Melalui Pojok Nostalgia ini juga diharapkan para pengunjung pameran dapat bernostalgia dan merasa bangga melihat perjalanan panjang yang telah mereka lalui sejak Program Petualangan ARSA dimulai. 


2. Pojok Karya: bagian ini berisi karya-karya anak serta masyarakat yang ditampilkan dan dapat dilihat langsung oleh para pengunjung pameran. Karya-karya anak yang ditampilkan, yakni celengan dari botol bekas yang dihias, figura dari kardus yang dihias dengan cangkang telur, dan hiasan bunga dari tutup botol bekas. Adapun karya masyarakat yang ditampilkan, yakni sabun dari minyak jelantah dan eco-enzym. (CTARSA)