Jakarta - Setelah menyelesaikan rangkaian pertama EDUTRIP dari program kolaborasi “Petualangan ARSA: Jago Literasi, Jaga Bumi”, 50 anak di wilayah binaan CTARSA Foundation di Kamal, Jakarta Barat, melanjutkan kegiatan edukasi Ruang Bertualang yang dilaksanakan pada tanggal 27 November 2023 dan 4 Desember 2023 kemarin. 


Ruang Bertualang merupakan kegiatan belajar mengajar dengan pendekatan sains serta penggunaan tematik lingkungan yang menyenangkan. Program Ruang  Bertualang ini merupakan rangkaian kegiatan “Petualangan ARSA: Jago Literasi, Jaga Bumi“ yang berkolaborasi dengan PT Insight Investments dan Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun (YIIM).


Tak hanya memaparkan materi pembelajaran, Ruang Bertualang pun memberikan pengalaman dengan praktik langsung pada beberapa rangkaian kegiatan. Rangkaian kegiatan tersebut antara lain “Pulau Hijau”, yaitu kegiatan edukasi dan praktek hidroponik, “Pantai Pelangi”, yaitu kegiatan pengenalan dan praktek mengukur pH air, “Kampung Ajaib”, yaitu kegiatan membuat eco enzym, serta melakukan kreativitas “Bilik Imaji” dengan membuat celengan, bunga, dan pigura foto dari bahan bekas.


Lebih lanjut, CTARSA Foundation berkolaborasi dengan pihak eksternal untuk mengoptimalkan pelaksanaan Ruang Bertualang. Pelaksanaan edukasi dan praktek hidroponik bersama Organisasi Mahasiswa Pecinta Tumbuhan (OMPT) Canopy Biologi FMIPA UI. Pembelajaran mengenai pH air berkolaborasi dengan Mahasiswa Kimia FMIPA UI, Nayyara dan Risca. Sementara pembuatan ecoenzym serta kegiatan kreativitas berkolaborasi bersama Ibu Tri Sugiarti, Founder Bank Sampah Tri Alam Lestari. 


Kegiatan ini turut melibatkan 30 masyarakat dalam pengolahan sampah rumah tangga, seperti pembuatan sabun dari minyak jelantah dan eco enzym dari sampah sisa makanan. Harapannya, kegiatan ini dapat meningkatkan rasa kepedulian anak dan masyarakat terhadap lingkungan. (CTARSA)