Depok, Jawa Barat – CTARSA Foundation menginisiasi program EDUTRIP (EDUCATION TRIP) yang diadakan pada 22 November 2023 di Sendalu Permaculture, Jl. Persahabatan No.67, Sukmajaya, Depok. Program ini dirancang sebagai kunjungan wisata edukasi yang bertujuan untuk memberikan pengalaman dan kesempatan kepada anak-anak untuk belajar dan mengeksplorasi lebih luas tentang ilmu pengetahuan terkait lingkungan secara langsung.


Tujuan utama dari program ini adalah memberikan apresiasi belajar kepada anak-anak wilayah binaan CTARSA Foundation. Selain itu, EDUTRIP merupakan rangkaian pertama dari tiga rangkaian yang ada di “Petualangan ARSA : Jago Literasi, Jaga Bumi” sebagai pembuka sebelum kegiatan Ruang Bertualang dan ECO-FEST nantinya. EDUTRIP ini bertujuan untuk meningkatkan semangat dan keinginan belajar anak-anak, membantu mereka menggali potensi dan mencapai cita-citanya di masa mendatang.


Selama rangkaian Petualangan ARSA : Jago Literasi, Jaga Bumi ini anak-anak dipantik pemahamannya melalui Buku Saku Petualangan ARSA yang sudah disusun sistematis oleh Divisi Literasi & Pendidikan CTARSA Foundation. Isinya mencakup cerita petualangan, teori terkait lingkungan dan tematik, lembar kerja (worksheet), serta refleksi di setiap sesi pembelajaran.


Kegiatan wisata edukasi ini berkolaborasi dengan Sendalu Permaculture, fokus pada pemahaman dan eksplorasi lingkungan, khususnya tumbuhan. 30 anak binaan Rumah Inspirasi Kamal, Jakarta Barat yang berpartisipasi dalam program ini mendapatkan pengalaman belajar yang mendalam, melibatkan kegiatan seperti:


Pos 1: Bibit Ajaib

Di pos ini, anak-anak diajak untuk memetik daun mint dan menanamnya kembali di pot menggunakan teknik stek.


Pos 2: Sulap Penyubur Tanaman

Anak-anak dapat melihat magot memakan sampah, membuat kompos dari kotoran dan sampah organik, serta mengayak kompos untuk meningkatkan kesuburan tanah.


Pos 3: Pengaliran Air Peri

Materi di pos ini mencakup waktu yang baik untuk penyiraman dan seberapa banyak penggunaan air yang tepat untuk menyiram tanaman.


Pos 4: Sulap Panen & Pembuatan Ramuan

Kegiatan di pos ini melibatkan pembuatan minuman herbal dari bunga telang, batang sereh, dan daun mint yang dipanen dari kebun Sendalu Permaculture.


Pos 5: Peri-Peri Kreatif

Anak-anak dapat mengembangkan kreativitas mereka dengan membuat kerajinan menggunakan pouch blacu yang dihias dengan batang daun pisang dan pewarna makanan.


CTARSA Foundation yang berkolaborasi dengan PT Insight Investments, Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun (YIIM), dan Sendalu Permaculture berharap bahwa melalui program Petualangan ARSA : Jago Literasi, Jaga Bumi rangkaian EDUTRIP ini, anak-anak dapat merasakan pembelajaran langsung yang berkesan dan mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang lingkungan dan ambil peran dalam lingkungan yang berkelanjutan. (CTARSA)