Cianjur - CT Arsa Foundation dirikan rumah inspirasi di wilayah terdampak bencana gempa bumi Kampung Longkewang, Desa Gasol, Kecamatan Cugenang, Cianjur, Jawa Barat.
Bersama dengan Dompet Amal Transmedia dan berbuatbaik.id, CT Arsa hadir menjadi salah satu yayasan yang turut berkontribusi dalam penanganan bencana alam.

Tidak hanya memberikan bantuan kebutuhan sehari-hari saat terjadi bencana, namun kontribusi lebih besar dilakukan dengan membangun kembali fasilitas belajar yang bermanfaat bagi masyarakat. Salah satunya membangun Rumah Inspirasi yang diresmikan pada Selasa (24/10/2023).

Bangunan yang didirikan di atas lahan seluas 152 meter persegi itu rampung usai 3 bulan. Tidak hanya menjadi bangunan serbaguna yang indah, terdapat juga beragam fasilitas yang ramah anak.

Rumah Inspirasi sendiri dibangun sebagai tempat belajar, bermain, dan berkegiatan positif bagi anak-anak dan masyarakat umum.

"Rumah Inspirasi aktif digunakan sebagai tempat mengaji, belajar, dan ibadah bagi masyarakat, khususnya anak-anak sekitar," ujar Ketua CT ARSA Foundation, Anita Ratnasari Tanjung dengan didampingi Perwakilan Dompet Amal Transmedia, Latief Harnoko.

Peresmian rumah inspirasi itu juga dihadiri juga perangkat desa dan tokoh masyarakat setempat. Peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh Anita Ratnasari Tanjung dan Latief Harnoko, disaksikan oleh seluruh undangan yang hadir. Acara berjalan dengan penuh khidmat dan syukur.


Anita berharap pembangunan Rumah Inspirasi Cianjur ini tidak hanya menjadi simbol pemulihan fisik, tetapi juga sebagai wujud nyata untuk membangkitkan kembali semangat masyarakat pasca gempa bumi setahun silam

"Terimakasih kami haturkan kepada seluruh pemirsa Transmedia dan donatur yang turut berkontribusi dalam pembangunan Rumah Inspirasi Cianjur. Semoga langkah kecil ini memberikan dampak besar kepada masyarakat,"kata dia.

Bunga Hanyani (16), salah seorang korban gempa, mengaku sangat senang dengan adanya rumah inspirasi, sebab anak-anak bisa menggunakannya untuk beragam kegiatan positif.

"Tentu sangat senang, sebab kita bisa belajar, mengaji, dan bermain di rumah inspirasi ini. Terimakasih untuk CT Arsa dan semua yang telah terlibat membantu kami," kata dia.