Jakarta – Sejumlah siswa berprestasi di Tanah Air menyuguhkan Ide dan karya kreatif yang mengagumkan untuk menginisiasi perubahan di ajang Astra Honda Motor Best Student (AHM Best Student) 2024. Salah satunya adalah Habibi Saqli Azmy yang sukses meraih prestasi sebagai Pemenang kedua atau level Silver dalam ajang tersebut.

Habibi merupakan siswa SMA Unggulan CTARSA Foundation Deli Serdang Sumatera Utara. Anak dari guru Fisika ini, baru dua bulan mengenyam beasiswa pendidikan di SMA Unggulan CTARSA. Dalam kompetisi AHM Best Student 2024 ini, Habibi menciptakan inovasi Ecozap, yaitu semir serbaguna yang berasal dari limbah dedaunan.

Karya inovasi Habibi ini, selaras dengan program global Sustainable Development Goals (SDGs) terkait Zero Hunger. Untuk masuk tiga besar, Habibi mengalahkan 1.771 karya siswa SLTA dari 34 provinsi di seleksi regional yang kemudian berkompetisi dengan 26 finalis di tingkat nasional.

 Penjurian AHM Best Student 2024 tingkat nasional dilakukan oleh para profesional yang berasal dari beragam Lembaga yakni Kementerian Perekonomian Republik Indonesia, Dinas Lingkungan Hidup Wilayah DKI Jakarta, PT Astra International Tbk dan PPM School of Management. Penilaian dilakukan dengan mengacu pada 3 pilar utama AHM Best Student, yaitu Care, Creative, dan Confident. Seleksi dilakukan tidak hanya pada karya yang diajukan tapi juga keaktifan siswa dalam kegiatan sosial, kompetensi soft skill hingga kegiatan non akademik.

AHM Best Student merupakan ajang adu gagasan inovasi dan kreativitas remaja berprestasi dengan topik utama kontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan bangsa, dengan mengusung tema “Muda Berkarya Majukan Bangsa”.

General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan karya para peserta AHM Best Student ini memiliki kreativitas tinggi yang bisa menjadi embrio sebuah perbaikan dan perubahan yang selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan bangsa.

“AHM Best Student mengapresiasi karya-karya yang dibuat para remaja untuk menjawab tantangan dan kebutuhan masyarakat. Kami ingin menjadi bagian dari mereka yang menemani remaja dan generasi muda melahirkan inisiatif baru untuk sebuah perbaikan yang berkelanjutan,” ungkap Muhib.

AHM memberikan apresiasi 1 unit New Honda BeAT untuk juara pertama atau gold level dan beasiswa pendidikan dari AstraTech selama 3 tahun. Pemenang Silver level dan Bronze level mendapatkan hadiah beasiswa pendidikan sebesar Rp. 7.500.000,- dan Rp. 5.000.000,-, sedangkan untuk pememang terfavorit mendapatkan hadiah Rp. 1.500.000,-. Bagi seluruh peserta finalis nasional mendapatkan apresiasi beasiswa pendidikan sebesar Rp. 1.000.000,-.