Jakarta – Dalam rangka peringatan hari Anak Nasional, CTARSA Foundation menyelenggarakan kegiatan Kemah Literasi. Kegiatan ini merupakan salah satu program yang diinisiasi oleh tim Literasi CTARSA, yang bertujuan untuk mengajak kolaborator untuk berbagi keceriaan dan menjadi kakak asuh dari anak-anak di pelosok negeri.

Tahun ini, Kemah Literasi memiliki tema “BESTIE” (Best For Our Environment) dengan harapan peserta dan masyarakat mampu mencintai lingkungan dan memiliki projek-projek jangka panjang dan berkelanjutan.

Kemah Literasi CTARSA berlangsung pada 19 hingga 21 Juli 2024 di Kampung Gunung Leutik, Desa Kiarasari Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Adapun rangkaian kegiatan Kemah Literasi, yaitu berkemah, Menginap bersama anak anak Gunung Leutik di tenda dengan suasan pegunungan yang asri dan sejuk. Lalu ada juga Pasar Ramah Lingkungan, yakni membuka bazzar murah kepada masyarakat sekitar dengan konsep ramah lingkungan (no plastic).

Kegiatan yang tak kelah serunya adalah, Jelajah Alam & Fun Games, para peserta dan relawan akan diajak menyusuri keindahan alam sekitar Gunung leutik sekaligus bermain bersama. Ada juga kegiatan berkebun Bersama, Mengedukasi anak tentang lingkungan dengan belajar berkebun tanaman produktif.

Untuk membangun kreatifitas, Peserta mendapatkan ilmu praktik dari Relawan, tentang cara membuat gantungan kunci dari bambu, dan aktifitas kreatif lainnya. Kemah Literasi juga akan memberikan edukasi kepada Masyarakat tentang makanan bergiszi & seimbang sekaligus membagikan paket makanan sehat.

General Manager CTARSA Foundation, Gatut Mukti mengatakan, "kegiatan kemah Literasi ini diharapkan menjadi program berkelanjutan untuk mengembangkan potensi lokal. Program ini sesuai dengan rencana CTARSA yang akan membentuk Kampung ARSA, untuk mejaga lingkungan, meningkatkan literasi dan akhlak, hingga menumbuhkan ekonomi Masyarakat lokal.  Kegiatan berbagi kebahagian dalam rangka memperingati lebaran anak yatim juga akan memberikan paket sekolah kepada yatim duafa serta pemberian paket sembako untuk lansia, janda dan fakir miskin, sesuai dengan Visi Misi CTARSA Foundation yakni memutus mata rantai kemiskinan melalui pendidikan yang berkualitas dan Kesehatan yang optimal".

Dalam kegiatan yang diikuti oleh 150 peserta dari pelajar MI Nurul Huda 02 dan warga lokal ini, akan dilakukan juga penyerahan donasi untuk anak anak Gunung Leutik, dan turut diramaikan juga oleh para pendukung acara, seperti Jayatama, berbuatbaik.id, Bank Mega Syariah & Syariah Card, PT Insight Investment Management, YIIM (Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun), Sahabat Gizi, IPB, Garuda Food, EMCO, Skrineer, Lion Japan, PZ Cussons, Kiky Stationery, Berdikari.