Jakarta – CT ARSA Foundation bersama Jendela Cerebral Palsy (JCP) dan Berbuatbaik.id sukses menyelenggarakan peringatan Hari Cerebral Palsy Sedunia tahun 2022 di Terowongan Kendal Sudirman Jakarta Pusat pada Rabu malam (05/10/2022). Peringatan tahun ini merupakan acara yang ketiga kalinya yang diinisiasi oleh JCP. 

Selain para survivor Cerebral Palsy, kegiatan ini juga diikuti oleh puluhan relawan dari berbagai komunitas, seperti komunitas Ojol, indorelawan dan Presenter Indonesia serta dukungan partner sponsor seperti MRT dan Dapur Coet

Kegiatan tersebut mengajak masyarakat yang berlalu-lalang di terowongan Kendal, Jl. Sudirman untuk mengenal cerebral palsy melalui selebaran poster dan flyer.

Sebagai bentuk kepedulian bersama, masyarakat turut diarahkan menandatangani canvas putih lebih dari satu meter. Mereka juga dipersilakan berbagi cerita dengan survivor cerebral palsy agar bisa mengenal lebih jauh.

Founder Jendela Cerebral Palsy Aisyah Cahyu mengatakan peringatan tahun ini mengangkat tema ‘Samakan Pandanganmu’. Tema ini diusung dengan tujuan mengedukasi masyarakat luas agar lebih paham dan tidak mendiskriminasi penyandang cerebral palsy.

Dalam acara ini, Aisyah atau yang kerap disapa Icha mengatakan pihaknya memang menggandeng beberapa pihak, diantaranya adalah CT ARSA Foundation dan berbuatbaik.id. Dia menyebutkan berbuatbaik.id turut membantu dalam segi pendanaan dan promosi acara.

"Men-support (dana) kita untuk acara-acara Cerebral Palsy untuk operasionalnya dan lain-lain, membantu mempromosikan acara," tutur Icha.
Ica juga berharap agar orang-orang sadar bahwa para penyandang disabilitas, khususnya celebral palsy, bisa hidup seperti orang-orang biasa. Bahkan, ia juga menyebut bahwa beberapa dari temannya yang menyandang kondisi serupa ada yang menjadi artis hingga psikolog.

"Menginginkan tidak ada diskriminasi lagi, kita semua sama, setara, baik dari segi sosial, pendidikan, profesi. Teman-teman kami ada yang artis, psikolog terapis, pegawai, dan semuanya sama tidak ada yang berbeda," tutur penulis Say Hello To My World tersebut.

Sementara itu, Project Manager berbuatbaik.id Syamsul Hidayat mengatakan pihaknya menyalurkan sejumlah dana untuk acara peringatan tersebut. Dia menyebutkan dana itu berasal dari anggaran khusus teruntuk aktivitas influence bagi anak muda.

ia juga mengharapkan agar semangat Ica ini dapat menjadi energi dan membuktikan bahwa orang-orang dengan kondisi tersebut tetap mampu berdaya.
"Ingin menyalurkan energi positif, inspirasi, bahwa kami (penyandang disabilitas) patut mendapatkan apresiasi, dukungan secara moral," katanya.

Ketua Panitia Hari Cerebral Palsy 2022 dari CTArsa Foundation, Didie Putri mengatakan ‘CT ARSA sebagai Lembaga sosial bisa membantu menyuarakan semangat icha sebagai anak cerebral palsy. Terlebih masyarakat Indonesia masih belum banyak yang tahu dan teredukasi mengenai Cerebral Palsy. kita semua bisa saling memperhatikan tatapan dan juga pandangan kepada anak-anak cerebral palsy. “Samakan pandanganmu demi anak2 cerebral palsy”.

Acara malam itu ditutup dengan foto bersama serta makan malam meningkatkan keakraban.

 (CTARSA)