Bekasi – Rumah Inspirasi CT ARSA Foundation di Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat, terus berupaya menebar manfaat bagi masyarakat.

Selain kegiatan belajar mingguan yang dilakukan kepada anak-anak sekitar, kali ini CT ARSA Foundation bersama Balai Besar Pengujian Penerapan Produk Kelautan dan perikanan (BBP3KP) Kementerian Kelautan & Perikanan memberikan pelatihan pengolahan makanan berbahan ikan.

Kegiatan yang dilakukan Rabu (21/09/2022) diikuti oleh lima belas orang perempuan aktif di Kampung Muara Mati, Kelurahan Pantai Bahagia, Muara Gembong. 

Pelatihan dibina langsung oleh Endang Purwaningsih seorang Analis Pasar Hasil Perikanan Pertama BBP3KP. Ia memberikan pelatihan cara mengolah hasil laut menjadi makanan siap saji, seperti kaki naga dan pilus ikan. 

Berbahan baku ikan tenggiri, Endang Purwaningsih yang dibantu rekannya, Paramita Ayu, mempraktikkan cara mengolah ikan mentah hingga berbentuk panganan siap santap.

Endang mengatakan, “BBP3KP berinisiatif memberikan tehnik pengolahan perikanan yang mudah untuk dipahami dan diterapkan jadi usaha bagi ibu-ibu di muara gembong ini.” 

Ia juga berharap transfer pengetahuan kepada ibu-ibu nelayan ini bisa membuat mereka menjadi lebih produktif dalam mengolah hasil tangkapan.

Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Rumah Inspirasi CTARSA Foundation dengan tema “Olah Sumber Daya Alam Muaragembong” dilatarbelakangi banyaknya sumber daya alam hasil laut berupa ikan basah yang belum diolah secara maksimal. 
Aksi ini diharapkan bisa berdampak pada peningkatan pengetahuan masyarakat dalam menginovasikan hasil produk berbahan ikan, sehingga dapat memiliki nilai jual dan meningkatkan ekonomi masyarakat di Muaragembong.(CTARSA)