Jakarta - CT ARSA Foundation kembali mengadakan kegiatan pelatihan pemberdayaan hidroponik di Rumah Inspirasi Kelurahan Kamal, Jakarta Barat. Kegiatan yang dilakukan pada hari Jumat, 7 Juni 2024 ini merupakan bagian dari rangkaian Program Pemberdayaan Hidroponik “Berkebun Asyik dengan Hidroponik: Berkarya dan Berdaya Melalui Pemanfaatan Lahan Terbatas Menjadi Kebun Hidroponik” yang bekerja sama dengan Allo Bank. Program ini telah berjalan selama empat pekan dengan melibatkan ibu-ibu Dasawisma RT 11/RW 01 Kelurahan Kamal sebagai peserta pelatihan.

Program Pemberdayaan Hidroponik ini dilaksanakan secara rutin satu pekan sekali. Pada pekan keempat ini, peserta diberikan pelatihan mengenai penanganan pasca panen dan pemasaran hasil panen hidroponik. CT ARSA Foundation berkolaborasi dengan Lokatani Indonesia dalam membekali peserta mengenai teknik panen yang benar, tahapan pengelolaan pasca panen, hingga cara menciptakan pasar hidroponiknya. Keseluruhan materi tersebut disampaikan oleh Dewi Ranggana, S.Tr.P. dan Nafisa Nur Oktafiani, S.Tr.P. dari Lokatani Indonesia.

Selain memberikan wawasan materi kepada peserta, Lokatani Indonesia mengajak para peserta untuk memanen secara langsung sayuran hidroponik caisim yang ditanam di green house Rumah Inspirasi Kamal. Peserta juga diajarkan cara mengemas hasil panen yang tepat agar menjadi produk dengan nilai jual lebih tinggi. Seluruh peserta begitu aktif dan antusias dalam mengikuti setiap kegiatan yang dilaksanakan. CT ARSA Foundation juga telah bekerja sama dengan PT Paragon Corp untuk menyediakan berbagai doorprize sebagai apresiasi atas semangat para peserta. 

Selama Program Pemberdayaan Hidroponik ini berlangsung sejak 17 Mei 2024, peserta difasilitasi satu instalasi hidroponik baru dan telah ditanami dengan bibit sayur bayam hijau. Hadirnya pelatihan pasca panen dan pemasaran hidroponik ini semakin membangkitkan semangat para peserta untuk terus mengelola kebun hidroponiknya hingga ke depannya dapat menjadi sumber penghasilan bagi mereka. Hal tersebut menjadi tujuan dari program ini, yaitu meningkatkan kompetensi peserta pelatihan untuk dapat menciptakan potensi peningkatan perekonomian.

“Harapannya, ibu-ibu sekalian tidak cuma jago menanam hidroponiknya saja, tetapi juga bisa mendapat cuan nih, dari hidroponik ini” tutur Alya Nur Shabihah selaku penanggung jawab Program Pemberdayaan Hidroponik dalam sambutannya.

Melalui Program Pemberdayaan Hidroponik ini, CT ARSA Foundation berharap dapat memberi kontribusi nyata dalam pembangunan perekonomian masyarakat. Program ini menjadi suatu pembuktian komitmen CT ARSA Foundation untuk memutus mata rantai kemiskinan dengan peningkatan kualitas hidup masyarakat di Indonesia.