Jakarta - Dalam upaya melakukan peningkatan kualitas pendidikan di seluruh pelosok Indonesia, Tim Pijar CTARSA Foundation melakukan visitasi dan monitoring ke Nunuanah, Lelogama, Redameter, Adonara, Lembata, Grobogan, Ciroyom, Muara Gembong, Ogan Ilir, dan Pasaman.

Selain bertujuan untuk melakukan monitoring, visitasi ini juga untuk memastikan pendidikan merata dengan baik dan seluruh anak bangsa dapat menikmatinya melalui kemudahan akses yang diberikan oleh Guru Muda (relawan pendidikan). 

Guru Muda yang menjadi bagian dari Pijar CTARSA Foundation memiliki peran penting, karena pemerataan pendidikan dilakukan oleh mereka. Bahkan Guru Muda juga mengembangkan metode pembelajaran yang efektif sehingga meningkatkan performa sekolah dan kualitas pendidikan di setiap daerah pelosok. Selain Guru Muda, Tim AirNav juga mendukung kegiatan tersebut dengan memberikan edukasi pendidikan mengenai penerbangan salah satunya kepada siswa berprestasi SD Leomanu dan SD 2 Lelogama.


  1. Nunuanah, Lelogama, Redameter (Nusa Tenggara Timur): Tim Pijar CTARSA Foundation membuat Film Dokumenter dan berdiskusi dengan guru serta masyarakat untuk mengevaluasi program Pijar. Bersama Tim AirNav, memberikan pula edukasi pendidikan. 

  2. Adonara dan Lembata (Nusa Tenggara Timur): dua wilayah di Nusa Tenggara Timur ini juga menjadi titik fokus daerah visitasi Tim Pijar sembari memperingati hardiknas di SDI Hamahena, Lembata. Di samping itu, Tim Pijar juga melakukan monitoring program yang menunjang keberhasilan kinerja guru dan murid, mengunjungi perpustakaan daerah Kota Lembata (Nobo dan Hamahena), serta visit ke Dinas Pendidikan Larantuka dan Lembata.

  3. Grobogan (Jawa Tengah) & Ciroyom (Sukabumi, Jawa Barat): Tim Pijar CTARSA Foundation melakukan berbagai kegiatan salah satunya melibatkan komunitas lokal, seperti program Literasi bersama AirNav dan Trans Media Sosial.

  4. Muara Gembong (Jawa Barat): sebuah daerah di Pesisir Jawa Barat ini juga menjadi salah satu fokus daerah yang dikunjungi oleh Tim Pijar CTARSA Foundation. Dibantu oleh AirNav yang mengedukasi mengenai penerbangan, wawasan yang diberikan semakin luas untuk anak-anak Muara Gembong.

  5. Pasaman: Program visitasi dan monitoring yang dilakukan di sini memiliki keunikan dari yang lainnya, yaitu terdapat program study tour ke Museum Tuanku Imam Bonjol. 

  6. Ogan Ilir: Tim Pijar CTARSA Foundation melakukan penghijauan dan berkunjung ke PAUD Suara Hati Bunda


Ambisi dan upaya Tim Pijar CTARSA Foundation bersama Guru Muda dan Tim AirNav menjadi langkah nyata dalam meningkatkan kualitas pendidikan di berbagai titik daerah pelosok Indonesia. Kegiatan visitasi dan monitoring yang telah dilakukan berhasil mengidentifikasi berbagai kebutuhan lokal dan memberikan harapan baru bagi anak-anak pelosok yang awalnya bertarung dengan sulitnya akses pendidikan menjadi mudah mendapatkannya. (CTARSA)