Jakarta-Pemberdayaan merupakan salah satu pilar yang diusung oleh CT ARSA Foundation. Dalam merealisasikan pilar tersebut, CT ARSA Foundation bekerja sama dengan Allo Bank melaksanakan program pemberdayaan hidroponik di Rumah Inspirasi Kelurahan Kamal, Jakarta Barat. 

Program bertajuk “Berkebun Asyik dengan Hidroponik: Berkarya dan Berdaya Melalui Pemanfaatan Lahan Terbatas Menjadi Kebun Hidroponik” ini melibatkan kelompok ibu-ibu RT 11/RW 01, Kelurahan Kamal sebagai peserta untuk meningkatkan wawasan, kompetensi, dan kepeduliannya tentang hidroponik.

Rangkaian kegiatan program pemberdayaan hidroponik ini akan dilaksanakan selama empat pekan. Kegiatan pekan pertama telah berhasil terlaksana pada hari Jumat, 17 Mei 2024. Melalui pertemuan pertama ini, peserta diberikan pengetahuan secara menyeluruh mengenai dasar-dasar penanaman hidroponik. CT ARSA Foundation berkolaborasi dengan Fakultas Biologi dan Pertanian Universitas Nasional untuk menghadirkan dosen ahli pada bidang hidroponik, yaitu Drs. Ikhsan Matondang, M.Si. dan Drs. Achmad Yanuar, M.Phil, Ph.D.

"Semoga yang kita lakukan akan bermanfaat kepada yang lainnya juga, dan dapat menjadi pionir kedepannya untuk program hidroponik.” Harap Drs. Ikhsan Matondang, M.Si. di sela-sela penyampaian materinya.

Tidak hanya penjelasan materi, peserta juga diajak untuk melihat secara langsung kebun hidroponik di green house Rumah Inspirasi Kamal. Kebun hidroponik yang dibangun dan diresmikan oleh CT ARSA pada tahun 2023 ini berhasil dikelola secara berkelanjutan dan telah menghasilkan hasil panen sayuran segar secara produktif. Dengan adanya kebun hidroponik ini, diharapkan dapat membangun semangat ibu-ibu peserta untuk konsisten dalam mendalami hidroponik. Selain itu, peserta juga dilibatkan dalam praktik penanaman bibit bayam hijau. Selama kegiatan berlangsung, peserta tampak sangat antusias dalam mempelajari hal-hal baru. Antusiasme peserta semakin terlihat ketika sesi kuis untuk mendapat doorprize yang disponsori oleh Paragon Corp.

            Program pemberdayaan hidroponik ini akan berlangsung rutin satu pekan sekali sebanyak empat kali pertemuan. Selama rangkaian kegiatan ini, peserta akan diberikan pelatihan sekaligus pendampingan terkait budidaya hidroponik, mulai dari penanaman di pekan pertama, perawatan, monitoring, hingga masa panen di pekan keempat. 
          Tidak hanya sampai disitu saja, setelah masa panen, peserta juga akan diberikan pelatihan tentang cara pemasaran produk hasil tani. Pelatihan pemasaran ini bertujuan agar peserta tidak hanya memiliki kapabilitas untuk memproduksi sayur-sayuran, tetapi juga bisa memasarkannya. Harapannya, cara ini bisa membantu meningkatkan potensi perekonomian masyarakat sekitar.

 Selain memfasilitasi peserta program pemberdayaan bekal pengetahuan dari ahli, CT ARSA Foundation bersama dengan Allo Bank juga akan membangun instalasi-instalasi hidroponik baru di tiga titik lokasi yang tersebar di RT 11. Instalasi-instalasi baru ini didirikan dengan memanfaatkan lahan-lahan terbengkalai. Dengan adanya instalasi hidroponik yang lebih banyak, diharapkan produksi hasil hidroponik akan lebih meningkat dan terus berkelanjutan.

Kolaborasi antara CT ARSA Foundation dengan Allo Bank ini merupakan suatu upaya pemberdayaan perempuan untuk meningkatkan perekonomian keluarga sekaligus penghijauan lingkungan. Dengan terciptanya langkah sinergi ini, diharapkan dapat menjadi salah satu batu loncatan dalam mewujudkan visi besar CT ARSA Foundation, yaitu memutus rantai kemiskinan di Indonesia.(CTARSA)