Jakarta - Menjelang peringatan HUT ke-77 TNI Angkatan Laut (TNI AL) melakukan Gerakan Laut Bersih Nasional yang dilaksanakan serentak di 77 lokasi seluruh Indonesia. Acara ini serentak dilakukan Rabu (07/09/2022) tahun 2022 dan berpusat di Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara.

Dalam kegiatan bertajuk “Membangun Kejayaan Maritim Untuk Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” CTARSA Foundation turut berkontribusi dengan menghadirkan mobil literasi pintar dengan pemaparan beragam program yang terkait dengan pelestarian lingkungan.


Mobil pintar CTARSA Foundation berpartisipasi dalam Gerakan Nasional Laut Bersih 2022

Dalam perjalanannya, CTARSA Foundation bertahap melakukan program ke berbagai wilayah yang membutuhkan untuk mengedukasi masyarakat menjaga dan melestarikan lingkungan, seperti memanfaatkan dan mengolah sampah plastik menjadi aneka karya, memanfaatkan limbah minyak sayur menjadi sabu serbaguna, menanam dan lain sebagainya. 

Acara yang menghadirkan berbagai organisasi dan komunitas pecinta lingkungan ini dipimpin langsung Menteri Koordinator Maritim dan Investasi RI Bapak Jenderal TNI (HOR) (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan, M.P.A. didampingi Menteri Perhubungan Bapak Dr.(HC). Ir. Budi Karya Sumadi dan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju didampingi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono.

Dalam kesempatan itu ketua literasi CTARSA Foundation, Elsa Kartika Sari Sunarya berdiskusi dengan Laksamana Yudo Margono.

Laksamana TNI Yudo Margono berbincang dengan kru CT ARSA Foundation

Kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan kesadaran masyarakat  sebagai bentuk kepedulian dalam aksi nyata  menjaga  laut bersih, meningkatkan persatuan dan kesatuan. Selain itu, kerja sama lintas sektor dalam penanganan sampah di laut diyakini mampu mengedukasi masyarakat tentang pengelolaan sampah yang baik agar ekosistem laut tetap lestari. (CTARSA)