Jakarta – Setelah membangun Rumah Inspirasi di kampung Muara Gembong Bekasi, CTARSA Foundation bersama PZ Cussons kembali melanjutkan kolaborasi mendirikan Rumah Inspirasi di kelurahan Kamal, Kalideres, Jakarta Barat.

Kesepakatan pembangunan Rumah Inspirasi dilatarbelakangi oleh semangat memberikan fasilitas belajar dan bermain layak bagi anak-anak yang membutuhkan, sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan minat belajar anak.


Berawal dari kerjasama program literasi di salah satu taman baca daerah tersebut,  CTARSA Foundation mempertegas komitmennya untuk memberikan layanan pendidikan lebih baik kepada masyarakat menengah ke bawah di tempat itu. Rumah Inspirasi menjadi pilihan sebagai fasilitas yang dapat digunakan sebagai tempat belajar, bermain, bermusyawarah, serta berkegiatan positif lainnya.

Memulai langkah baik ini, CTARSA Foundation dan pihak terkait melakukan proses peletakan batu pertama pembangunan Rumah Inspirasi di Kamal, Jakarta Barat. Kegiatan yang berlangsung pada Selasa (06/09/2022) ini dihadiri oleh General Manager CTARSA Foundation, Gatut Mukti, serta pemerintah wilayah setempat.


Ketua RW 01, Ahmad Wahyudi Gaus berharap, kehadiran rumah inspirasi ini bisa bermanfaat bagi warga. Menjadi ladang amal bagi seluruh pihak, karena kehadiran rumah inspirasi CTAF ini bisa menjadi sarana untuk berkumpul dan menjadi pusat aktifitas yang positif.

Rumah Inspirasi berdiri di lahan seluas 127 meter persegi, hibah dari keluarga besar Warsit Samsuri.

Ahmad Rachmatullah, perwakilan anak Warsit Samsuri, turut hadir melakukan peletakan batu pertama bersama General Manager CTARSA Foundation, Gatut Mukti.

Ia bercerita, latar belakang menghibahkan lahan keluarga untuk pembangunan Rumah Inspirasi CTARSA Foundation. ’’kami melihat, masyarakat di sini sangat butuh tempat atau ruang untuk kegiatan-kegiatan yang positif karena disini belum ada lahan untuk menyalurkan kegiatan yang inspiratif dan inovatif,’’ ucapnya.

Sementara itu, General Manager CTARSA Foundation, Gatut Mukti juga menyampaikan peranan penting Rumah Inspirasi di tengah lingkungan masyarakat yang membutuhkan.

”Ibarat rumah, rumah itu tempat berkumpul, tempat berkomunikasi, tempat memberikan solusi. Nah rumah inspirasi adalah dimana tempat berkumpulnya masyarakat, baik anak-anak, remaja, orang tua, ibu-ibu, untuk memberikan dampak positif, baik dari segi pendidikan, baca tulis dan hitung, dari segi ukm, pertemuan untuk warga bagi bapak-bapaknya. Kami berharap rumah inspirasi ini bisa memberikan manfaat seluas-luasnya bagi masyarakat,’’ harapnya.

Tidak hanya kru CTARSA Foundation dan pemerintah setempat, acara yang dilakukan penuh khidmat itu juga disaksikan langsung oleh warga dan anak-anak yang antusias menyambut kehadiran Rumah Inspirasi. Pembangunan yang dimulai minggu ini dijadwalkan selesai dalam bulan September 2022. (CTARSA)