Sukoharjo - SMA Unggulan CT ARSA Foundation Sukoharjo menggelar wisuda yang ke-4 pada hari ini. Sebanyak 95 siswa dinyatakan lulus, tiga siswa di antaranya diterima di perguruan tinggi (PT) luar negeri dengan beasiswa Indonesia Maju dari pemerintah Indonesia.

Kepala SMA Unggulan CT ARSA Foundation Sukoharjo, Drs H Usdiyanto mengatakan, dalam angkatan ke-4 ini juga ada 28 siswa yang sudah diterima di perguruan negeri lewat jalur undangan.

"Tiga di antaranya diterima di perguruan tinggi luar negeri, dengan beasiswa Indonesia Maju dari Pemerintah Republik Indonesia," kata Usdiyanto saat memberikan pidato sambutan wisuda ke-4 SMA Unggulan CT ARSA Foundation Sukoharjo, Sabtu (25/5/2024).


Sementara itu siswa yang lain masih menunggu hasil tes tertulis SNBT yang akan diumumkan pada Kamis (13/6) mendatang.

Wisuda SMA Unggulan CT ARSA Foundation Sukoharjo ke-4 ini juga dihadiri Ketua Yayasan SMA Unggulan CT Arsa Foundation, Anita Ratnasari Tanjung. Anita Tanjung memimpin langsung jalannya prosesi wisuda.

Dalam sambutannya, Anita mengatakan ada ribuan calon siswa yang mendaftar ke SMA Unggulan CT ARSA Foundation Sukoharjo. Namun kuota yang tersedia hanya untuk 200 siswa. Saat pandemi COVID-19, SMA Unggulan CT ARSA Foundation Sukoharjo hanya menerima 100 siswa baru.

Anita menjelaskan, visi misi CTARSA Foundation Sukoharjo ialah memutus mata rantai kemiskinan dengan pendidikan yang optimal. Maka itu SMA Unggulan CT ARSA Foundation memberikan tenaga pendidik dan fasilitas yang berkualitas, sehingga lulusannya mendapatkan ilmu yang baik.

"Latar belakang apapun berhak untuk sukses. Ilmu yang didapatkan adalah bekal untuk kehidupan, dan harus bermanfaat," kata Anita.

Dalam pidatonya, Anita Tanjung juga memberikan tips meraih kesuksesan. Dia juga mengimbau para siswa untuk selalu bermanfaat buat orang lain, kreatif, inovatif, berguru pada orang sukses, berwawasan, dan mampu berkolaborasi.

"Kesuksesan harus dilakukan dengan kerja keras, penuh perjuangan. Tidak ada kesuksesan yang instan," ucap istri Chairul Tanjung itu.

Anita Tanjung juga mengucapkan rasa syukur karena CT ARSA Foundation selalu melahirkan lulusan yang membanggakan. Tahun ini ada tiga lulusan SMA Unggulan CT ARSA Foundation Sukoharjo yang diterima di universitas luar negeri dan lainnya diterima di sejumlah universitas terbaik di Indonesia.