Jakarta-ctarsafoundation.org-Ramadan adalah bulan penuh keberkahan, setiap insan berlomba untuk berbuat kebaikan. Pada Ramadan 1443 H, CTARSA Foundation telah melaksanakan program Gerakan Berbagi atau GEBRAG yang berbentuk GEBRAG Pangan, GEBRAG Sembako dan GEBRAG Ilmu. Lebih dari 5600 paket makanan dan 2700 paket sembako telah tersalurkan kepada mereka yang membutuhkan dari berbagai wilayah di Indonesia. Senyum bahagia terpancar dari para penerima manfaat, berasal dari masyarakat yang tidak mampu secara ekonomi (9/5).

Program GEBRAG Ramadan CTARSA Foundation di koordinir oleh Nurhasanah Sihab yang akrab dipanggil Nana, Manager Operational CTARSA yang mendedikasikan diri untuk mengawal tim dalam menyebarkan berbagai donasi selama bulan Ramadan. Menurut Nana, dengan visi besar CTARSA Foundation yaitu memutus mata rantai kemiskinan, melalui pendidikan yang berkualitas dan kesehatan yang optimal, kegiatan Gerakan Berbagi telah ada sejak CTARSA Foundation berdiri tahun 2005. Program ini diinisiasi oleh Anita Ratnasari Tanjung dan Choirul Tanjung. Namun, penamaan Gerakan Berbagi menjadi GEBRAG, dimulai sejak tahun 2019.



Kebahagiaan para penerima donasi GEBRAG Ramadan 144H (Doc.CTARSA Foundation)

“Ibu Anita mengajarkan kami untuk share happiness with sincerely atau berbagi kebahagiaan dengan ketulusan, sehingga kita belajar berbagi kepada siapapun namun dengan tulus. Pada Ramadan 1443 H, kami terus berbagi melalui program GEBRAG Ramadan diberbagai titik. Karena lokasi kami ada di Jakarta maka kami melakukan GEBRAG Ramadan di area Jabodetabek, kemudian beberapa titik lain seperti Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Sulawesi melalui Komunitas ARSA. Kemudian kami juga menyebarkan ratusan paket sembako dan makanan hingga wilayah kepulauan terpencil dan terluar di Indonesia bekerjasama dengan TNL AL. Lokasinya telah kami riset dan melalui beberapa tahapan proses kurasi, bahkan terkadang lokasinya terpencil hingga tidak ada di google map, namun tetap kami datangi” tutur wanita yang hobi travelling tersebut.

Disisi lain menurut Nana, untuk mengumpulan dana guna terlaksananya GEBRAG Ramadan diperoleh dari beberapa acara yaitu donasi dari personal, perusahaan dan masyarakat umum yang berasal dari barcode yang disebar melalui berbagai media yang dimiliki oleh CT Corp dan beberapa perusahaan seperti PT. Berdikari (Persero), PT. Lion Wings serta beberapa perusahaan lainnya. Selain itu ada juga pengumpulan donasi dari word of mouth atau informasi dari mulut ke mulut, sehingga cukup banyak masyarakat dari berbagai kalangan yang ikut berdonasi. Donasi yang terkumpul pada program GEBRAG Ramadan 2022 hingga lebih dari 400 juta rupiah.

Di akhir Nana menjelaskan, dengan program GEBRAG Ramadan 1443 H, semoga semakin banyak masyarakat luas yang terinspirasi untuk melakukan kebaikan. Untuk tim CTARSA, ia berharap agar mereka lebih banyak meningkatkan syukur.

“Dengan bertemu banyak orang, tim CTARSA Foundation bisa menyaksikan orang-orang yang bernasib tak seberuntung kita. Bahkan mereka masih harus memikirkan esok apakah mereka bisa makan atau tidak. Bertemu mereka tanpa kenal, sesuatu yang telah di atur oleh Allah untuk mereka bertugas turun ke lapangan. Saya harap teman-teman bisa menyaksikan langsung, bersyukur dan setelah itu mungkin iku berbagi. Kemudian pesan untuk si penerima manfaat, kami sadar bahwa tidak baik untuk terus menerus disuapi dengan berbagai bantuan, harapan saya mereka bisa mengerti apa arti berbagi sesungguhnya. Suatu saat jika mereka dalam keadaan berlebih, mereka tidak lupa untuk berbagi,” tutupnya.

Dalam Sehari, CTARSA Foundation Menyiapkan Ratusan Porsi Makanan Untuk Berbuka Puasa Melalui GEBRAG Pangan.

     Untuk memberikan asupan makanan bergizi kepada masyarakat yang kurang mampu, CTARSA Foundation menyiapkan santapan berbuka puasa melalui program GEBRAG Pangan yang dilakukan selama dua puluh hari pada bulan suci Ramadan 1443 H. Makanan lezat dan bergizi dibuat oleh juru masak profesional dan dibantu oleh tim CTARSA Foundation. Bahan-bahan makanan yang digunakan adalah bahan baku berkualitas dan dimasak melalui proses yang higienis. Dalam sehari, rata-rata CTARSA Foundation menyediakan 300 hingga 350 porsi untuk disalurkan kepada mereka yang membutuhkan.

 


Tim CTARSA Foundation menyiapkan makanan untuk kegiatan GEBRAG Pangan Ramadan 1443 H. (Doc.CTARSA Foundation)

    Menurut Iwan Setiawan, juru masak CTARSA Foundation, beberapa menu spesial yang dimasak selama bulan Ramadan kali ini adalah Ayam Lada Hitam, Gulai, hingga Rendang. Kemudian untuk menu harian, pihaknya menyiapkan semur ayam atau ayam kecap, lengkap dengan nasi, sayur dan buah-buahan. Menurutnya, memasak dengan porsi besar disaat berpuasa adalah tantangan tersendiri, namun semua lelah terasa ringan ketika melihat mereka makan dengan lahap.

       “Setiap hari, kami memasak semua makanan dalam waktu tiga hingga empat jam. Kemudian kami juga terkadang harus memasak di lokasi tujuan program GEBRAG Pangan menggunakan Mobil Dapur Keliling atau Darling. Tak jarang kami kewalahan, karena lokasi yang sulit untuk dilalui dengn mobil Darling. Namun dengan kerjasama tim, kami bisa melaluinya. Semua lelah kami terbayarkan ketika menyiapkan makanan dari pagi dan menyakurkan hingga malam ketika mereka tersenyum bahagia dan lahap memakan makanan yang kami sediakan untuk berbuka puasa, “ pungkas pria asal Bogor tersebut (ncmh).

Penulis: Nikmatus Sholikah