Semarang-ctarsafoundation.org- Dalam mencapai tujuan memutus mata rantai kemiskinan, kesehatan adalah salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan. Turut berkontribusi mencapai tujuan tersebut, Komunitas ARSA Semarang mengadakan ARSA event bertajuk Aku Kuat”. Kegiatan tersebut diikuti oleh puluhan anak-anak Pondok Pesantren Gondang di desa Gondang, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah (16/1/2022).

Menurut Regional Leader Komunitas ARSA Semarang, Yuzril Ihza Mahendra, edukasi kesehatan yang dilakukan meliputi penyuluhan kesehatan gigi, cara sikat gigi dan mencuci tangan dengan benar. Penyuluhan kesehatan gigi didampingi oleh Komunitas Senyum Sehat, berasal dari sekumpulan mahasiswa kedokteran gigi berbagai Universitas di Indonesia. 

Kegiatan "Aku Kuat" Komunitas ARSA Semarang dengan anak-anak Pondok Pesantren di Gondang (Dok. Arsa Semrang) 

Perlu kita ketahui, masyarakat Indonesia belum sepenuhnya memperhatikan kesehatan, khususnya anak-anak. Oleh karena itu kami hadir untuk memberikan sosialisasi kesehatan tentunya dikemas dengan program yang menarik dan menyenangkan. Kemudian edukasi kesehatan gigi sengaja dilakukan di desa Gondang karena lokasi yang jauh dari pusat pemerintahan kota sehingga minim sekali sosialisasi kesehatan disini,” tutur pria yang menempuh jurusan Pendidikan Sastra Prancis tersebut.

Selain edukasi kesehatan gigi, Komunitas ARSA Semarang juga memberikan edukasi literasi melalui Mobil Iqro CTARSA Foundation Solo, serta edukasi nasionalisme melalui permainan puzzle Pancasila dan mengenalkan kembali permainan tradisional daerah.

Komunitas lain yang turut berkolaborasi yaitu Komunitas Kebun Mimpi. Mereka mengedukasi mengenai cinta lingkungan sejak dini, dengan cara mengasah kreativitas melalui menanam tunas tumbuhan di dalam pot dan melukis potnya. Acara ditutup dengan kegiatan donasi buku dan alat tulis kepada peserta kegiatan serta pembagian sembako untuk masyarakat yang membutuhkan.


Pemeriksaan gigi para peserta "Aku Kuat" oleh mahasiswa program kedokteran gigi yang tergabung dalam Komunitas Senyum Hebat (Dok. Komunitas ARSA Semarang)

“Anak-anak adalah generasi yang nantinya menjadi penerus bangsa, mereka harus sadar dan mengetahui bagaimana menjaga kesehatan gigi dan mulut agar derajat tingkat kesehatan mereka meningkat. Sehingga edukasi Kesehatan gigi sejak dini saat mereka usia sekolah itu penting,” tutur wanita yang mengambil program pendidikan dokter gigi di Universitas Muhammadiyah Semarang tersebut. 

Kegiatan ini terlaksana juga berkat dukungan berbagai pihak yaitu Young Living, pasta gigi dan sikat Ciptaden dari PT Lion Wing, alat tulis dari PT. Standardpen Industries dan PT. Solo Murni (KIKY Stationery) serta snack dari PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk. Disisi lain, kegiatan kebaikan lainnya akan terus dilakukan oleh komunitas ARSA Semarang sebagai kepanjangan tangan dari CTARSA Foundation.(ncmh)  

Penulis: Nikmatus Sholikah | Editor: Nurhasanah Shihab