BANTEN- ctarsafoundation.org- Dengan tujuan menyebarkan muatan-muatan positif, meningkatkan ilmu pengetahuan dan berkegiatan yang bermanfaat untuk anak-anak, Komunitas ARSA Banten melaksanakan kegiatan Aku Sehat #4 di Kampung Kadu Jampang, Pandeglang, Banten (22/1/2022). Berbeda dari kegiatan Aku Sehat sebelumnya, tema kali ini adalah ‘Job Science’ yang melibatkan anak-anak SD dan SMP dari Rumah Baca Public Reading House, Pandeglang.

Menurut Siti Nasibah Imran Umar, Ketua Pelaksana kegiatan, dalam kegiatan Aku Sehat #4 selain belajar tentang dasar-dasar menjaga kesehatan diri seperti cara mencuci tangan dan menggosok gigi dengan benar, adik-adik juga belajar ilmu sains dengan cara yang menyenangkan. Panitia menyiapkan beberapa peralatan sederhana untuk melakukan uji coba sains seperti botol bekas, tanah liat, cairan cuka, soda kue, pewarna merah makanan, kabel hingga lampu kecil untuk uji baterai listrik dari kentang, dan jeruk nipis.


        

Uji coba sains sederhana batrai dari kentang dan jeruk nipis (Dok.ctarsafoundation)

“Alhamdulilah adik-adik sangat antusias dengan berbagai kegiatan yang kami selenggarakan. Dalam kegiatan ini selain edukasi kesehatan, kami juga melakukan 3 uji coba sains sederhana untuk mengaplikasikan ilmu fisika terapan seperti membuat Roket Air dari tekanan udara dalam botol bekas yang diisi air, membuat Gunung Meletus dari cairan cuka dan soda kue, pengadaan baterai listrik dari kentang dan jeruk nipis serta beberapa kabel untuk menyalakan lampu LED,” pungkas gadis asal Makassar tersebut.

Dalam kegiatan tersebut, Komunitas ARSA Banten juga mengajak anak-anak untuk bermain permainan tradisional, senam sehat, mengisi form cita-citaku dan aktivitas membaca buku dengan fasilitas buku-buku bacaan yang ada di Mobil Pintar CTARSA Foundation. Dengan melibatkan anak-anak binaan Public Reading House (PRH) dan pengurus PRH, Komunitas ARSA Banten juga memberikan donasi buku-buku bacaan yang bermanfaat untuk anak-anak. Serta memberikan bingkisan berupa buku dan alat tulis kepada masing-masing peserta Aku Sehat #4.

Suasana baca buku dan edukasi di Mobil Pintar CTARSA Foundation (Dok.ctarsafoundation)

“Untuk meningkatkan literasi baca anak-anak, kami juga mendonasikan buku-buku bacaan kepada Public Reading House yang ada di Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang,  Provinsi Banten. Donasi buku ini diharapkan bisa mendukung rumah baca dengan tambahan koleksi buku bacaan baru, sehingga meningkatkan minat adik-adik terhadap ilmu pengetahuan dan berani untuk terus bermimpi. Adik-adik bisa jadi apa saja yang kalian mau, jika kalian percaya dan berusaha keras. Di masa depan, kami titip negeri ini di tangan kalian, serta tetap rendah hati dan jaga akhlak,” tutup wanita lulusan Politeknik Negeri Ujung Pandang program studi Teknik Listrik tersebut.

Disisi lain, menurut Lia Mulyasari, Founder Public Reading House di Kecamatan Mandalawangi, pihaknya sangat menyambut positif kegiatan ARSA Banten karena anak-anak bisa mendapatkan beragam edukasi dalam kegiatan Aku Sehat #4. Dilihat dari kondisi saat ini ketertarikan anak-anak dan kaum muda terkait literasi semakin menurun, ditambah efek pandemi yang semakin besar menjadi alasan kuat untuk memberikan tambahan belajar bagi anak-anak.

Public Reading House adalah salah satu rumah baca yang didirikan oleh masyarakat yang yakin bahwa minat baca yang tinggi sangat penting dalam pendidikan anak dan pembentukan karakter anak. Kami sangat berterimakasih kepada Komunitas ARSA Banten dan CTARSA Foundation dengan adanya kegiatan Aku Sehat #4. Kemudian saya berharap dengan adanya donasi buku dalam kegiatan ini, bisa meningkatkan minat anak-anak untuk membaca, karena koleksi buku-buku di RPH kami masih terbatas. Semoga semakin banyak kegiatan edukatif seperti ini untuk meningkatkan minat pembelajaran bagi anak-anak,” tutur wanita yang gemar berkegiatan sosial tersebut.

Kegiatan ini terselenggara didukung oleh pasta gigi dan sikat Ciptaden dari PT Lion Wing, Popok Bayi Baby Happy, Buku Tulis Kiki serta Cigor Sosoy Cilegon. (ncmh) 
Penulis: Nikmatus Sholikah | Editor: Gatut Mukti