CTARSAFOUNDATION.ORG-Bogor,-- Untuk memeriahkan hari Santri Nasional yang jatuh pada 22 Oktober, CT ARSA Foundation mengadakan kegiatan Literasi dan Berbagi di Yayasan Bayt Al-Hanan, Cileungsi Bogor. Kegiatan tersebut diikuti oleh ratusan santri dengan protokol kesehatan yang ketat. Dengan tema “Santri SIAGA” atau Santri Sehat Jiwa dan Raga, CT ARSA mengajak para santri untuk menanamkan nilai agamis, nasionalis, patriotis dan menebar kebaikan melalui berbagai kegiatan positif, Jum’at (22/10/2021).

Menurut pemaparan Ahmad Sanusi, tutor mobil Iqro’ sekaligus koordinator acara, pada perayaan Hari Santri Nasional merupakan wujud kepedulian  CT ARSA Foundation terhadap para santri yang berasal dari latar belakang keluarga yang tidak mampu. Selain memberikan literasi tentang keagamaan, kebaikan, melalui mobil Iqro’, CT ARSA juga menghadirkan mobil Darling atau dapur keliling yang menyediakan ratusan paket makanan bergizi untuk dibagikan kepada para santri sebagai wujud gerakan berbagi. Kegiatan tersebut juga bertujuan memberikan edukasi kepada para santri tentang pentingnya nilai nasionalis dan pemahaman tentang sejarah Hari Santri Nasional.

“Sejarahnya, perayaan Hari Santri Nasional ini berawal dari resolusi Jihad yang diserukan oleh KH. Hasyim Asya’ri pada 22 Oktober 1945 pada zaman penjajahan, kemudian dikukuhkan melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015. Disisi lain, kegiatan perayaan ini bertujuan agar para santri mengenang, meneladani dan melanjutkan peran ulama dalam membela serta mempertahankan tanah air. Para santri juga dihimbau untuk berkontribusi dalam pembangunan bangsa melalui berbagai gerakan kebaikan,” tutupnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ustaz Ubed sebagai Pimpinan Yayasan Bayt Al-Hanan yang juga difungsikan sebagai Pondok Pesantren menjelaskan, perayaan Hari Santri Nasional yang diselenggarakan oleh CT ARSA Foundation adalah kegiatan besar secara tatap muka pertama kali, setelah hampir dua tahun vakum akibat tingginya angka positif COVID-19. Kegiatan ini disambut positif dan antusias oleh para santri.

“Pada kegiatan hari ini, adalah kesempatan bagi kami para santri untuk berinteraksi dengan pihak luar pondok terkait pemahaman tentang makna penting hari santri. Maksud dari tema santri SIAGA adalah membangun karakter santri dari jiwanya terlebih dahulu, kemudian raganya. Para santri harus bisa menjaga agar hatinya selalu bersih, penuh dengan kasih sayang dan tumbuh menjadi muslim yang memiliki toleransi tinggi untuk bekerjasama dalam kebaikan bukan keburukan,” tutupnya.

CT ARSA Foundation dalam melakukan kegiatan berlandaskan pada empat pilar, yaitu pilar pendidikan, pilar kesehatan, pilar kebencanaan dan pilar pemberdayaan. Kegiatan perayaan Hari Santri Nasional ini merupakan rangkaian kegiatan bidang literasi pada pilar pendidikan CT ARSA Foundation. Dalam kesempatan ini, CT ARSA juga mengadakan kegiatan sharing inspiratif yang menghadirkan tim Public Relations dari Trans Media tentang ajakan kepada para santri untuk terus berkarya diberbagai bidang, bukan hanya bidang keagamaan. Kemudian CT ARSA Foundation juga membagikan lebih dari 200 paket alat tulis, alat mandi kepada para santri. Sekitar 350 paket makanan bergizi juga telah dibagikan pada Hari Santri Nasional di tiga titik, Yayasan Bayt Al-Hanan, PAUD Binaan CT ARSA Foundation yaitu PAUD Ceria Bogor dan Kampung Pemulung Jati Padang, Jakarta Selatan.