Awal tahun 2021, Indonesia diuji beberapa bencana alam. Salah satu yang terparah dampaknya adalah bencana banjir bandang di Kalimantan Selatan. Puluhan ribu rumah terendam, ratusan ribu orang mengungsi, dan puluhan lainnya meninggal dunia.

 

Peduli terhadap bencana nasional, CT ARSA Foundation mengunjungi lokasi kejadian sejak tanggal 21-30 januari 2021. Tim CT ARSA Foundation mendistribusikan hampir seribu paket sembako, obat-obatan, serta kebutuhan pengungsi ke beberapa wilayah terdampak, seperti Sungai Tabuk, Keliling Benteng, Takisung, tanah Laut, Batola, dan Lok Baintan. Seluruh bantuan diserahkan langsung ke tenda-tenda pengungsi melalui medan terjal dan arus kencang sungai setempat.

 

Selain bantuan donasi, tim CT ARSA Foundation juga melakukan aksi psikososial kepada anak-anak terdampak bencana di pengungsian. Kegiatan berupa belajar, mendongeng, pemberian makanan bergizi, dan pembagian masker.

 

Donasi bencana Kalimantan Selatan terealisasi berkat dukungan dan kolaborasi bersama  Dompet Amal Transmedia, TNI AL (Marinir, Kopaska, Taifib), Babinsa, IOF, dan perangkat desa setempat. Sementara pembagian obat-obatan dilakukan bekerjasama dengan dokter setempat dan dokter Komunitas ARSA Kalimantan Selatan.

 

Kepedulian CT ARSA Foundation pasca bencana juga ditunjukan dengan membangun Rumah Inspirasi di daerah Hantakan, Kalimantan Selatan. Bangunan ini menggantikan bangunan sekolah PAUD yang sudah ada namun hancur akibat terjangan banjir dan tanah longsor.