Data penyebaran virus Covid-19 di situs corona.jakarta.go.id selama 3 hari berturut-turut, terlihat penurunan jumlah kasus baru positif. Hal ini disampaikan juga oleh Ketua Gugus tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo, bahwa terdapat laju penurunan kasus baru corona di Indonesia sebesar 11 persen. Berdasar fakta tersebut, masyarakat diharapkan tetap waspada agar penyebaran virus covid19 bisa terus menurun dan semakin cepat selesai.

Hingga hari ini, tim Assesment CT ARSA Foundation dan Dompet Amal TRANSMEDIA terus memantau perkembangan terkait kebutuhan di berbagai fasilitas kesehatan beberapa daerah, seperti alat pelindung diri (APD) dan kebutuhan logistik lainnya. Permohonan bantuan akan kebutuhan tersebut masih terus kami terima mulai dari Sabang hingga Merauke.

Melihat perkembangan terkini dari jumlah kebutuhan yang harus disalurkan, CT ARSA Foundation bersama TRANSMEDIA yang menaungi TRANS TV, TRANS7, Detikcom, CNN Indonesia, CNBC Indonesia, Detik Network dan Transvision kembali menyalurkan donasi dari partisipasi pemirsa dan pembaca TRANSMEDIA untuk tahap keempat. Pada tahap ini kami mendistribusikan bantuan hingga ke luar Jakarta.

Untuk kelancaran pendistribusian donasi, telah dilakukan kerjasama pengiriman bantuan melalui JNE Express.
Penyaluran donasi tahap keempat dilaksanakan pada Selasa, 05 Mei 2020 bertempat di gedung TRANSMEDIA oleh A. Hadiansyah Lubis, Kadiv Humas TRANS TV yang mewakili TRANSMEDIA dan Gatut Mukti, GM CT ARSA Foundation, kepada Eri Palgunadi, VP Marketing JNE Express untuk selanjutnya didistribusikan ke beberapa daerah diluar kota Jakarta yakni:

1. RSUD K.R.M.T Wongsonegoro, Kota Semarang
2. RS Islam Surabaya
3. RS Ramelan, Surabaya
4. RSAU dr. Abdul Malik, Medan
5. RSUD dr. Sayidiman, Magetan
6. RS Integratif Yuniarti, Wisma Karyani, Kabupaten Natuna
7. RS Sumber Hidup, Ambon
8. RS Wisma Prahasanti, Kabupaten Tabanan
9. RSUD MGR. Gabriel Manek Atambua, Kabupaten Belu
10. RS Nyi Ageng Pinatih, Kabupaten Gresik Jawa Timur
11. RSUD Arosuka, Kabupaten Solok
12. RS Permata Hati Duri, Kabupaten Bengkalis
13. Puskesmas Banjasari, Kabupaten Bogor
14. Puskesmas Purwasari, Kabupaten Bogor
15. Puskesmas Cipaten, Kabupaten Bogor
16. Puskesmas Ciawi, Kabupaten Bogor
17. RSUD Prof Dr Aloei Saboe, Kota Gorontalo
18. RSUD dr. Iskak, Kabupaten Tulungagung
19. RSAU dr. Muhammad Sutomo, Kabupaten Kubu raya, Kalimantan Barat
20. Klinik Annisa, Kota Gorontalo

Serta beberapa rumah sakit lain yang tersebar di wilayah Indonesia.

Selain itu penyaluran donasi diwilayah Jakarta juga diberikan kepada:
1. RSAB Harapan Kita, Jakarta Barat
2. Lembaga Kesehatan Gigi dan Mulut TNI AU, Jakarta Timur.
3. Kantor Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan

Donasi yang diberikan berupa 1560 pcs APD. Dengan demikian, donasi yang sudah didistribusikan hingga 5 Mei 2020, mencapai lebih dari sepuluh ribu APD, ratusan handscoon, ribuan botol susu sereal, ribuan pcs roti, ribuan pcs biskuit, ribuan kopi, dan ribuan botol air mineral.

Penyaluran donasi logistic tahap keempat juga didukung oleh PT. Danone Indonesia.
“Terima kasih dan salam hormat untuk seluruh garda terdepan yang telah berjuang memerangi pandemi. Juga kepada para donatur, pemirsa dan pembaca TRANSMEDIA, serta seluruh pihak yang mendukung terlaksananya distribusi donasi melalui Dompet Amal TRANSMEDIA dan CT ARSA Foundation. Semoga partisipasi yang diberikan bisa membantu pihak-pihak yang membutuhkan.” kata Anita Chairul Tanjung, Ketua CT RASA Foundation.

M. Feriadi, Presiden Direktur JNE mewakili seluruh manajemen menyampaikan terima kasih atas kepercayaan dari Dompet Amal TRANSMEDIA dan CT ARSA Foundation untuk mendistribusikan bantuan ke seluruh Indonesia.
“Sebuah kehormatan bagi JNE dapat turut berpartisipasi dalam langkah untuk mengatasi covid-19 ini. Mari bersama kita buat Indonesia sehat dengan kolaborasi dan gotong royong”, tuturnya.